101. Bakato sapatah dipikiri,
bajalan salangkah madok suruik.
Setiap yang akan dikatakan hendaklah dipikirkan lebih
dahulu, sehingga perkataan itu tidak menyinggung orang lain.
102. Bajalan paliharolah kaki,
maliek paliharolah mato.
Menurut adat berjalan dan melihat, bahkan setiap gerak
dan perilaku hendaklah diawasi, jangan sampai merussak perasaan orang lain.
103. Bukik putuih rimbo kaluang,
dirandang jaguang dihanggusi. Hukum putuih badan tabuang, dipandang
gunuang ditangisi.
Seseorang yang berpantun diwaktu dia akan menjalani
hukuman karena melawan penjajah Belanda.
104. Camin nan tidak namuah kabua,
palito nan tidak kunjuang padam.
Ajaran Adat/Syarak di Minangkabau bagaimanapun tetap
dicintai dan dihormati oleh masyarakatnya
105. Cadiak jan bambuang kawan,
gapuak nan usah mambuang lamak, tukang nan tidak mambuang kayu.
Dalam pergaulan hendaklah bisa mempergunakan semua
orang, jangan dengan jalan bertindak sendiri, walaupun cukup mempunyai
kecerdasan.
106. Condong jan kamari rabah,
luruih manantang barieh Adat.
Didalam pergaulan hendaklah mempunyai pendirian yang
kokoh, dan selalu dijalan yang benar.
107. Cupak basitalago panuah, undang
maisi kandak, bak kain pambaluik tubuah, paralu dipakai tak buliah tidak.
Adat dan Syarak di Minangkabau adalah dua ajaran yang
mutlak dipakai dan diamalkan.
108. Capek kaki ringan tangan, capek
kaki indak panaruang, ringan tangan bukan pamacah.
Sifat pemuda-pemudi yang terpuji dan dikehendaki oleh
Adat dan agama di Minangkabau, yakni tangkas dan kesatria tetapi tidak
melampaui kesopanan.
109. Cadiak malam biguang siang,
gilo maukia kayu tagak.
Seseorang yang panjang angan-angan, tetapi satupun tak
dapat dikerjakannya, rencana tinggal rencana, mempunyai sifat pemalas.
110. Cancang tadadek jadi ukia, kuah
talenggang ateh nasi.
Suatu pekerjaan yang tidak terduga salah melaksanakannya,
tetapi karena keahliannya dapat menjadi baik.
111. Cinto banyak parisau ragu, budi
manunggu di ulemu, paham babisiak didalam bathin.
Sifat seseorang yang selalu mengelamun, tetapi tak
berani melahirkan maksud hati.
112. Caliak anak pandang minantu,
mato nan condoang ka nan elok.
Seorang ibu/bapak hendaklah mencari menantunya yang
sesuai dengan anaknya.
113. Calak-calak ganti asah, pananti
tukang manjalang datang, panunggu dukun manjalang tibo.
Seseorang yang dapat bertindak sementara tenaga yang
diharapkan dan ditunggu datang, ( memberikan pertolongan pertama )
114. Cabua samo dibuang, usua samo
dipamain.
Setiap kita harus menjauhi perbuatan cabul, dan
selalulah mempergunakan informasi dengan sebaik-baiknya.
115. Dek ribuik rabahlah padi, dicupak
datuak tumangguang, hiduik kalau tidak babudi, duduak tagak kamari
tangguang.
Seseorang yang tidak berbudi pekerti yang baik maka
hidupnya dalam masyarakat serba susah dan sukar mendapat teman.
116. Dicancang pua manggarik
andilau.
Seorang membikin malu semua keluarga merasa malu.
117. Dimudiak tubo dilapeh, dihilia
lukah mananti, ditanggah jalo takambang, dilua parangkok makan.
Suatu pekerjaan dalam masyarakat, atau suatu persoalan
yang tidak dapat mengelakan diri dari padanya.
118. Dek ketek taanjo-anjo, lah
gadang tabao-bao, lah tuo tarubah tido, sampai mati manjadi paranggai.
Setiap pekerjaan yang dibiasakan mengerjakannya
semenjak kecil baik atau buruk, sukar untuk merobahnya, bahkan sampai mati
tetap akan merupakan pakaian.
119. Dimano kain kabaju, diguntiang
indaklah sadang, lah takanak mangko diungkai, dimano nagari namuah maju, Adat
sajati nanlah hilang, dahan jo rantiang nan dipakai.
Kamajuan suatu negri di Minangkabau, tidak akan dapat
dicapaidengan baik, kalaukiranya ajaran Adat diamalkan tidak sepenuh hati, atau
tinggal sebutan.
120. Dalam aia buliah diajuak, dalam
hati siapo tahu.
Manusia bisa mengetahui yang lahir, yang bathinnya
dalam hati manusia hanya Tuhan yang mengetahuinya.
121. Dimano bumi dipijak, disinan
langik dijunjuang, dimano sumua dikali disinan aia disauak, dimano nagari
diunyi disinan Adat dipakai.
Ajaran Adat Minangkabau dapat diamalkan dimana saja,
asal pandai menyesuaikan diri dengan masyarakat yang kita gauli.
122. Darah samo dikacau, dagiang
samo dilapah, tanduak samo ditanam.
Meresmikan penggangkatan atau penobatan suatu jabatan
didalam Adat seperti melantik penghulu.
123. Dihannyuik ka aia dareh,
dibuang katah lakang.
Membuang segala sifat-sifat yang jelek dan
meninggalkan segala perbuatan yang tercela, tidak ingin mengulang kembali.
124. Dibaok ribuik dibaok angin,
dibaok pikek dibaok langgau, muluik jo hati kok balain pantangan Adat
Minangkabau.
Lain dimulut lain dihati, tidak sesuai kata dengan
perbuatan adalah larangan dalam Adat Minangkabau.
125. Dikaji Adat nan ampek, itu
pusako tanah Minang. Nak tuah cari sapakaik, nak cilako bueklah silang.
Bersatu teguh dan kuat, bercerai dan berpecah belah
adalah kelemahan dan kehancuran.
126. Ditiliak duduak hukum Adat,
ateh bainah nan duo baleh. Sarintiak kudarat jo iradat, dikurasai soko
mangko nyo jaleh.
Untuk memahami dan mendalami ajaran Adat dan
filsafatnya perlu menghendaki ketekunnan dan mau memahami arti yang
tersirat.
127. Diatua cupak nan duo, dikaji
kato nan ampek, dalam tambolah tasuo, paham disinan mangko dapek.
Kalu untuk mendalami ajaran Adat dan filsafatnya
jangan hanya sekedar menangapi arti lahir kata, tetapi perlu dipahami arti
yang tersirat dibelakangnya.
128. Dibilang kato nan ampek,
partamo kato pusako, sanang hati santoso tampek, disinan ado raso mardeka.
Kemerdekaan itu baru dapat dirasakan hasilnya apabila
pembangunan dibidang kesejahteraan hidup dan tempat kediaman telah cukup dan
selesai.
129. Dubalang kato mandareh, pagawai
kato basipaik, antaro masin jo padeh, disinan raso mangkonyo dapek.
Setelah dibandingkan ajaran Adat Minangkabau dengan
Adat Adat lain, maka disana baru jelas nilainya yang baik.
130. Dek rajin pandai nan datang,
dek malu buruak tasuo, hari pagi mananti patang, insyaflah diri dengan
tubuah.
Ingatlah didalam hidup, muda akan menjadi tua, tua
akan kembali kepada asalnya yakni kembali kepada tanah.
131. Deta batiak basaluak timbo,
pakaian bangsawan rang di Minang. Dek cadiak niniak nan baduo, dituka
bantuak deta datang.
Kebijaksanaan yang baik yang dapat diamalkan dalam
pergaulan hidup, menjamin hubungan baik sesama angota masyarakat yang
datang dan yang menanti.
132. Dibukak buhua deta datuak,
disamek kain saluak timbo. Kok gapuak lamak tak dibuang, dek pandai alam
santoso.
Kebijaksanaan dalam pergaulan, pandai menyesuikan diri
menimbulkan hubungan yang harmonis sesama anggota masyarakat.
133. Dibaliak pandakian ado
panurunan, dibaliak panurunan ado pandakian.
Dibalik kesusahan ada kemudahan, dibalik penderitaan
ada kesenangan.
134. Ditiliak barieh jo balabeh, jo
papatah pakaian rang panghulu. Supayo budi samo marateh, nak tantu ruweh
jo buku.
Kalau budi diamalkan dalam pergaulan, dapat menentukan
seseorang baik dan buruk.
135. Didalam luhak nan tigo, untuak
padoman dalam hiduik, kato kiasan didalamnyo, indaklah paham kok indak
dirunuik.
Ajaran Adat Minangkabau banyak mengandung kiasan dan
perumpamaan, tidaklah dapat dipahami kalau tidak benar didalami.
136. Dimaso tuo mangucambah,
bukanlah tuo manyularo, sungguah kasumba alah merah tibo disago nan nyato
bana.
Tentang sumber pepatah budi merah sago jadi pilihan,
walaupun ada yang merah selain dari sago.
137. Dimano asa titiak palito,
dibaliak telong nan batali, dari mano asa niniak moyang kito iyo dilereang
gunuang marapi.
Orang Minang asal mula keturunannya ialah dilereng
gunung merapi Pariangan Padang Panjang.
138. Diagak mangko diagiah, dibaliak
mangko dibalah.
Setiap pekerjaan yang akan dikerjakan hendaklah
dipikirkan semasak-masaknya, dan buatlah rencana kerja.
139. Elok baso tak katuju, baik baso
tak manantu.
Seseorang yang kurang perhitungan dalam pergaulan
terlalu royal dengan kawan.
140. Elok diambiak jo etongan,
buruak dibuang jo mufakaik.
Didalam Adat setiap yang tidak baik, dibuang baik-baik
dengan perhitungan dan musyawarah, begitupun yang baik perlu diambil
dengan mufakat.
141. Elok sairiang jo juru mudi,
elok saiyo jo sakato, kok pandai bamain budi, nan lia jinak malakok.
Kalau pergaulan dilengkapi dengan budi yang baik dan
tinggi, segala kesukaran dapat diatasi.
142. Elok nan tidak mangalua, gadang
nan indak mangatanggah.
Seseorang yang tidak berani mengeluarkan pendapatnya
dalam pergaulan.
143. Elok bak karabang talua itiak,
eloknyo tabuang juo, indak babaliak naik lai.
Orang pandai dan cerdik, tetapi tidak mempergunakan
kepandaiannya dan kecerdasan untuk kepentingan orang banyak.
144. Elok tungkuih tak barisi, gadak
agak tak manyampai.
Seseorang yang lagaknya seperti orang pandai terlalu
jelimet tetapi tidak berhasil.
145. Elok nagari dek panghulu, elok
tapian dek nan mudo, elok masajik dek tuanku, elok rumah dek bundo
kanduang.
Baik suatu negari karena pimpinannya, begitupun
Masjid, tepian karena pemuda pemudi yang tinggi budinya.
146. Faham insyaf faham nan haniang,
faham sangko didoroang hati.
Keinsyafan yang sungguh datang dari hati akan menimbulkan
kecintaan untuk berbuat kebaikan.
147. Faham sak barisi antah, faham
waham bambao lalai.
Keragu-raguan karena kurang keinsyafan, ia akan
membawa kepada kelalaian dalam suatu pekerjaan yang dilaksanakan.
148. Faham yakin ulemu tatap, ujuik
satu pangang bunta.
Keyakinnan akan membawa ketetapan hati, dan tekun
menghadapi sesuatu pekerjaan.
149. Faham arieh balawan banyak,
faham cadiak maangan urang.
Mempunyai faham yang terlalu arief menimbulkan sak
wasangka, dan cerdik yang tidak dengan pengetahuan akan selalu merugikan
diri sendiri.
150. Faham waham mambao lalai, faham
mati mangunyah bangkai.
Ragu membawa kelalaian, cemburu buta merugikan diri
sendiri.
151. Gadang ombak caliak kapasianyo,
gadang kayu caliak kapangkanyo.
Menilai seseorang jangan dari pakaiannya, tetapi
nilailah dari pengetahuannya dan budi pekertinya.
152. Gadang buayo dimuaro, gadang
garundang dikubangan.
Seseorang akan berkuasa dalam lingkungan dan bidangnya
masing-masing.
153. Gadang sendok tak mambao,
gadang suok tak manganyang, gadang antak indak lalu.
Orang yang besar bicara takabur dan sombong, biasanya
tidak sebesar apa yang dibicarakannya yang dapat dibuatnya.
154. Gadang tungkuih tak barisi,
gadang galogok tak bamalu.
Seseorang yang berlagak sombong dan angkuh biasanya
dia kurang mempunyai rasa malu.
155. Galogok kuciang kanaiak, bak
mancik palajang atah.
Seseorang yang senantiasa tergesa-gesa dalam setiap
pekerjaan, tetapi hasilnya sangat mengecewakan.
156. Gadang tungkuih tak barisi,
tungkuih elok pangabek kurang.
Seseorang yang bertampang pandai dan pintar, tetapi
sebenarnya isi kosong dari segala-galanya
157. Gadanglah aia banda baru,
nampak nan dari mandi angin. Elok nan usang dipabaru, pado mancari ka nan
lain.
Dari pada mencari sesuatu yang baru, lebih baik
memelihara dan memperbaiki yang telah ada.
158. Gadiang tak ado nan tak ratak,
tak ado mingkudu nan tak bagatah.
Sifat tersalah dan lupa itu adalah sifat bagi manusia,
kecuali yang qadim hanya sifat ALLAH.
159. Gadang jan malendo, panjang jan
malindih.
Kalau menjadi orang yang memegang kekuasaan jangan
berbuat sekehendak hati.
160. Gadang kayu gadang bahan, ketek
kayu ketek bahannyo.
Berbuatlah dalam masyarakat, baik berkorban dan
bekerja sesuai dengan kemampuan kita masing-masing.
161. Gadang agiah baonggok, ketek
agiah bacacah.
Setiap pembahagian dalam bersama hendaklah disesuaikan
dengan hasi yang diperoleh.
162. Gayuang basambuik, kato bioso
bajawab, himbau basahuti.
Kebaikan orang lain hendaklah dibalas dengan kebaikan
dengan ikhlas dan jujur.
163. Gabak dihulu tando kahujan,
cewang dilangiek tando kapaneh.
Ada suatu alamat dan tanda-tanda menunjukkan mara
bahaya akan datang, atau kerusuhan akan terjadi.
164. Garuih tak namuah hilang walau
nan luko lah sambuah bana.
Suatu kejahatan yang dibuat seseorang yang sulit
dilupakan oleh orang banyak.
165. Geleang kapalo bak sipatuang
inggok, lonjak bak labu dibanam.
Seseorang yang talen dan gagah yang dibuat-buat karena
sombong dan angkuhnya.
166. Gadang maimpok, panjang
malindieh, laweh nak manyawok.
Sifat seseorang berkuasa yang ingin memperbudak orang
lain dalam segala hal.
167. Guruah patuih panubo limbek,
pandan tajamua disubarang, tujuah ratuih carikan ubek badan batamu
mangkonyo sanang.
Seseorang yang sakit karena cinta dan rindu kepada
sesuatu atau kepada seseorang, dia akan sembuh kapan dapat bertemu atau
tercapai yang dicintainya.
168. Gadih panagak ateh janjang,
gadih pancaliak bayang-bayang.
Larangan bagi seorang anak gadis di Minangkabau.
169. Galundi disawah ladang, sarik
indak babungo lai, budi kalau nampak dek urang, hiduik indak baguno lai.
Baik laki-laki atau perempuan kalau budi telah
kelihatan dalam pergaulan, sulit untuk dipercaya buat selama-lamanya.
170. Gilo dimabuak bayang-bayang,
gilo maukia kayu tagak.
Seseorang yang selalu hidup dalam khayalan tetapi tak
mau berusaha.
171. Galang dicinto galang buliah,
niaik sampai cinto basuo.
Seseorang yang memperoleh nikmat yang selama ini
menjadi idamannya.
172. Habih sandiang dek bagesoh,
habih miyang dek bagisia.
Pergaulan bebas antara muda dan mudi, akan
menghilangkan rasa malu antara dua insan yang berlainan jenis.
173. Habih bisa dek biaso, habih
gali dek galitik.
Pekerjaan yang dilarang oleh adat dan syarak akan
merupakan kebiasaan mengerjakannya, kalau rasa malu telah hilang dari diri
seseorang.
174. Hati gajah samo dilapah, hati
tunggau samo dicacah.
Rasa social dalam hidup bergaul, harus melaksanakan
pembahagian keuntungan dengan adil melihat kepada keuntungan yang
diperoleh sesuai dengan usaha masing
masing.
175. Hawa nan pantang karandahan,
nafasu nan pantang kakurangan.
Nafsu itu seperti lautan tak penuh karena air dan
sampah.
176. Hanyuik sarantau sagan
badayuang, karano tidak mambao galah. Kanan jo kiri tak malenggong,
mudharat mamfaat tak takana.
Seseorang dalam pekerjaannya tidak memikirkan kerugian
dan kesakitan orang lain.
177. Hati ibo mambao jauah, sayang
dikampuang ditinggakan, hati luko mangkonyo sambuah, tacapai niaik jo
tujuan.
Seseorang yang rajin berusaha untuk mencapai
cita-citanya, dia belum merasa puas kalau belum dapat dicapainya.
178. Hujan batu dikampuang kito,
hujan ameh dikampuang urang, walau bak mano misikin misikin awak, bacinto
juo badan nak pulang.
Kecintaan seseorang kepada kampung halaman tumpah
darahnya, walau senang badan dirantau orang namun kampung teringat juga
179. Harok diburuang tabang, punai
ditangan dilapehkan.
Seseorang yang mengharapkan sesuatu yang belum tentu
didapatnya, tetapi dia telah membuang apa yang dimilikinya.
180. Hari sahari diparampek, hari
samalam dipatigo.
Seseorang yang pandai mempergunakan waktu dalam
hidupnya.
181. Hutang lansai dek babaia, ketek
utang dek angsuran.
Hutang wajib dibayar, dan dia akan bertambah kecil
kalau tetap diangsur membayar.
182. Hulu baiak pandai batenggang,
hulu malang salah galogok.
Seseorang akan bahagia kalau pandai bertengang dalam
hidup, tetapi bahaya mudah terjadi kalau tidak mempunyai perhitungan.
183. Haniang saribu aka, pikia
palito hati.
Seseorang yang tenang dalam menghadapi kesulitan akan
mudah mengatasi kesulitan karena pikiran itu pelita hati.
184. Hukum jatuah sangketo sudah,
dandam habih kasumat putuih.
Terciptanya perdamaian dalam masyarakat.
185. Habih dayo badan talatak, habih
paham aka baranti.
Berusahalah sejauh kemampuan yang ada pada kita dalam
masyarakat.
186. Hilang raso jo pareso, habih
malo jo sopan, hewan babantuak manusia.
Kalau raso pareso telah lenyap dari seseorang,
walaupun hilang sendirinya, bukan disebut manusia lagi, tetapi hewan yang
berbentuk manusia.
187. Hari baiak dibuang-buang, hari
buruak dipagunokan.
Seseorang yang senang tiasa membuang waktu yang baik,
dan memakai waktu yang banyak untuk hura hura.
188. Iduik batampek, mati bakubua,
kuburan hiduik dirumah tanggo, kuburan mati ditangah padang.
Seseorang harus mempunyai tempat kediaman, dan kalu
mati perlu dikuburkan.
189. Inggok mancakam batang, tabang
manumpu dahan.
Perpindahan masyarakat dari suatu negeri kenegeri
lain, diperlukan penyesuaian diri dengan masyarakat yang ditempati.
190. Ingek-ingek sabalun kanai,
bakulimek sabalun habih.
Dalam bergaul perlu ada kehati-hatian jangan sampai
berbuat kesalahan.
191. Iman nan tak buliah ratak,
kamudi nan tidak buliah patah.
Ke-Imanan harus dijaga jangan sampai tergelincir, dan
kemudian harus dijaga jangan sampai patah, karena kedua-duanya menjadikan
karam seseorang dalam kehidupan dan kehilangan pedoman.
192. Isi kulik umpamo lahia, gangam
arek pagangan taguah.
Sesuaikanlah kata dengan perbuatan, dan itulah yang
harus diamalkan didalam hidup.
193. Indomo di Saruaso, Datuak
Mangkudun di Sumaniak, sabab anak jatuah binaso, ibu bapak nan kurang
cadiak.
Kemelaratan dan kesesatan seorang anak adalah
disebabkan kelalaian kedua orang ibu bapaknya.
194. Ilang tak tantu rimbonyo,
hanyuik tak tantu muaronyo.
Sesuatu persoalan yang tidak tentu penyelesaiannya dan
hilang begitu saja.
195. Jalan dialiah dek rak lalu,
cupak dipapek dek rang manggaleh.
Secara tidak disadari kebudayaan asli kita
dipenggaruhi oleh kebudayaan dan adat istiadat asing.
196. Janji biaso mungkia, titian
biaso lapuak.
Peringatan agar jangan mudah berjanji dengan
seseorang, hendaklah dikuatkan kata-kata InsyaAllah.
197. Jan dicampuakan durian jo
antimun, jan dipadakekkan api jo rabuak.
Selalulah hati-hati terhadap pergaulan muda mudi,
karena pergaulan bebas akan mengakibatkan rusaknya moral antara keduanya.
198. Jan taruah bak katidiang, jan
baserak bak anjalai.
Setiap yang akan dikatakan hendaklah dipikirkan
terlebih dahulu, karena lidah tidak bertulang, membicarakan orang lain.
199. Jauah nan buliah ditunjuakkan,
dakek nan buliah dikakokkan.
Sesuatu bukti dan keterangan yang dapat dikemukakan
dan ditunjukkan dengan nyata.
200. Jalan pasa nan kadituruik,
labuah goloang nan kaditampuah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar